A.
PROFIL
DAN SEJARAH SURAT KABAR TRIBUN
Kompas Gramedia didirikan oleh PK Ojong dan Jakob
Oetama 28 Juni 1965. Kompas Gramedia Utama adalah perusahaan besar. Sebuah
perusahaan media massa yang mengelola beberapa anak perusahaan. Beberapa anak
perusahaan dari anak Kompas Gramedia juga bergerak dibidang yang sama tapi juga
telah mengalami berbagai perkembangan. Perusahaan ini juga bergerak dalam usaha
toko buku, percetakan, radio, hotel, lembaga pendidikan, event organizer, stasiun TV sampai perguruan tinggi.
Sebagai salah satu surat kabar pers daerah milik
Kompas Gramedia, Tribun merupakan
koran harian. Tribun terbit setiap hari. Dalam “keluarga” pers daerah Kompas
Gramedia, Tribun terbilang sebagai anggota keluarga baru. Sebelum Tribun lahir,
persda Kompas Gramedia telah banyak melahirkan surat kabar yang masing-masing
fokus di daerah.
Pada akhir 1987 didirikan unit usaha Kelompok Pers
Daerah (Persda) yang tugas awalnya adalah membantu koran-koran daerah yang
membutuhkan pertolongan. Pada tahun 1988, Kompas Gramedia mengambil-alih
perusahaan penerbitan koran Swadesi yang namanya diubah menjadi Serambi
Indonesia di Banda Aceh. Tahun 1992, Kompas Gramedia mengambil-alih perusahaan
penerbitan koran Pos Kupang, dan pada tahun 1994 mengambil-alih perusahaan
penerbitan koran Banjarmasin Post. Pada perkembangan selanjutnya, Persda
memperkuat bisnisnya dengan mendirikan sendiri koran daerah di hampir seluruh
propinsi dengan brand Tribun.
Tribun sendiri pertama kali muncul pada tahun 2003.
Sebagai uji coba, Tribun pertama kali diterbitkan di Balikpapan, Kalimantan
Timur. Tribun pun mendapat nama tambahan dibelakangnya menjadi Tribun Kaltim.
Tribun Kaltim dikelola oleh orang-orang yang memang ahli di bidang jurnalistik
hingga surat kabar Tribun Kaltim pun mendapat sambutan yang cukup baik.
Sambutan baik itu dimanfaatkan Tribun untuk
memperluas jaringan. Pers daerah kemudian mengembangkan Tribun ke
wilayah-wilayah seluruh Indonesia. Berawal di daerah timur Indonesia, Tribun
Timur yang berada di Sulawesi dan dilanjutkan dengan Tribun lain seperti:
Tribun Batam, Tribun Jabar, Tribun Manado, Tribun Pekanbaru, Tribun Medan,
Tribun Yogya, Tribun Lampung, Tribun Jambi dan Tribun Pontianak. Saat ini
Tribun telah menerbitkan koran di 19 kota besar di Indonesia dan berencana
untuk memperluas lagi usahanya.
Tribun yang semakin berkembang luas diberbagai
daerah di Indonesia juga perlahan merambah dunia elektronik. Kesuksesan media
cetak tidak serta merta mampu membendung para pengelola Tribun berpuas diri.
Mereka kemudian menciptakan Tribun versi media
elektronik. Tribunnews.com dikelola oleh PT. Indopresda Primamedia. Perusahaan
ini berpusat di Jakarta. Tribunnews.com menyajikan berita olahraga, lifestyle, berita nasional dan
internasional.
B.
VISI,
MISI DAN TUJUAN
Tribun
Pontianak memiliki misi untuk menjangkau wilayah di seluruh Kalimantan Barat.
Tribun Pontianak selain untuk mencerdaskan bangsa juga ingin mencerahkan
kehidupan bangsa Indonesia ini dengan memberikan berita yang teraktual dan
terpercaya. Tidak memihak pihak manapun dan bersifat netral dalam berita yang
dipublikasikan.
Untuk
mewujudkan semua itu, Tribun Pontianak mengharuskan seluruh karyawannya untuk
memiliki sifat-sifat di bawah ini:
1) Punya
integritas tinggi
2) Komitmen
3) Jujur
4) Tidak
bombastis
5) Berita
sesuai fakta
6) Profesional
Jadi tujuan Tribun Pontianak disini selain untuk
mencari keuntungan adalah untuk menjembatani keinginan masyarakat melalui
sebuah media cetak. Tidak bisa dipungkiri bahwa tujuan uatama dari sebuah
perusahaan adalah untuk mencari laba. Tapi disini Tribun Pontianak juga memberikan
sesuatu yang berbeda kepada para pembacanya.
C.
BENTUK
KEPEMILIKAN BISNIS
Tribun
Pontianak merupakan salah satu media massa ternama yang ada di Kalimantan
Barat. Tribun Pontianak diterbitkan oleh PT Kapuas Media Grafika yang merupakan
anak perusahaan dari Kompas Gramedia. Bentuk kepemilikan bisnisnya adalah
Perseroan Terbatas (PT). Perseroan Terbatas merupakan suatu entitas yang
tercatat disebuah negara dan membayarkan pajak dan secara hukum terpisah dari
para pemiliknya. Bentuk Perseroan Terbatasnya merupakan PT Tertutup. Tribun
Pontianak beralamat di Jalan Sungai Raya Dalam No. 24A, Kabupaten Kubu Raya. Tribun
Pontianak sudah 6 tahun berkecimpung di dunia percetakan.
Perseroan
terbatas adalah suatu unit kegiatan usaha yang memiliki badan hukum yang
pendiriannya dilakukan melalui akta notaris dimana satu dokumen tersebut
dicantumkan tujuan pendirian, saham yang dikeluarkan, dan nama-nama pemimpin
yang akan menjalankan usaha. Pemegang saham pada PT dianggap sebagai pemilik
perusahaan, tetapi tidak ikut campur dalam kegiatan usahanya.
PT
dapat digolongkan kedalam 2 jenis yakni PT tertutup dimana saham-sahamnya
dijual pribadi tanpa melalui perantara pasar modal, sedangkan PT terbuka dimana
saham-sahamnya dijual melalui perantara pasar modal.
PT
memiliki perbedaan dengan perusahaan lainnya diantaranya adalah pengelola
perusahaan tidak sama dengan pemilik perusahaan, adanya keterbatasan tanggung
jawab terhadap utang, adanya pemisahan antara harta perusahaan dan harta
pribadi , kepemilikan pada perseroan terbatas ditandai oleh kepemilikan surat
saham yang dapat dibeli dari perusahaan itu langsung atau dibeli dipasar modal.
Adapun
saham yang dikeluarkan oleh PT yakni saham (pemilik modal mendapat keuntungan
dari pembagian dividen diakhir periode) biasa dan saham preferen (pemilik modal
mendapat keuntungan dari pembagian dividen diawal periode). Pengelolaan PT dilakukan dengan cara rapat umum pemegang
saham setiap kali untuk mengontrol kondisi perusahaan, dewan komisaris orang
yang memiliki saham terbesar dan menetapkan kebijakan perusahaan, serta
menejemen perusahaan dilakukan oleh pengurus perusahaan.
Kelebihan
PT adalah tanggung jawab terbatas, saham perusahaan mudah ditunaikan, lebih
mudah memperoleh modal, dan pengelolaan perusahaan lebih professional.
Kelemahan PT adalah badan usaha komplek, pendirian lebih sulit, peraturan yang
harus dipenuhi lebih banyak, dan sukar merahasiakan kegiatan usaha.
D. LINGKUNGAN BISNIS YANG DIHADAPI
Lingkungan
bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu
lembaga organisasi atau perusahaan. Perubahan yang sangat cepat, yang terjadi
dalam lingkungan bisnis telah secara otomatis menuntut setiap pelaku bisnis
untuk selalu memberikan perhatian dan tanggapan terhadap lingkungannya. Hal ini
mengkondisikan perusahaan untuk kemudian merumuskan strategi agar mampu
mengantisipasi perubahan dan pencapaian tujuan perusahaan. Didasari atas
pentingnya perumusan strategi, proses perumusan strategi merupakan suatu
rangkaian kegiatan untuk menemukan strategi yang tepat bagi perusahaan.
Rangkaian kegiatan yang diperlukan meliputi analisis lingkungan perusahaan,
baik lingkungan internal maupun lingkungan eksternal. Analisis ini berguna
untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dapat
memperlancar ataupun menghambat perkembangan perusahaan.
Pertumbuhan
ekonomi memengaruhi kinerja suatu perusahaan karena pertumbuhan ekonomi dapat
memengaruhi tingkat penghasilan pelanggan dan oleh karena itu memengaruhi
permintaan akan produk-produk suatu perusahaan juga kuat, dan labanya menjadi
relatif lebih tinggi. Ketika perekonomian lemah, permintaan produk suatu
perusahaan juga lemah, dan labanya relatif rendah. (Madura,2011)
Lingkungan
industri diperkirakan untuk menentukan tingkat persaingan. Jika pasar untuk
produk spesifik hanya dilayani oleh sedikit dan beberapa perusahaan, maka
perusahaan baru mungkin dapat menangkap porsi yang signifikan dari pasar.
(Madura, 2001)
Selain
menerbitkan surat kabar, Tribun Pontianak juga menerbitkan majalah bola
Superball, internet tv, situs jual beli, dan iklan suatu produk. Walaupun
banyaknya saingan dalam bisnis media massa di Kalimantan Barat, tapi Tribun
Pontianak yakin bisa bersaing dengan perusahan media massa lainnya.
Era
globalisasi ekonomi yang disertai dengan pesatnya perkembangan teknologi,
berdampak pada semakin ketatnya persaingan dan semakin cepatnya terjadi
perubahan pada lingkungan usaha. Kita sering mendengar bagaimana perusahaan
yang memiliki sistem organisasi yang baik dengan dukungan visi, misi dan
rencana aksi business plan yang terencana tidak menjamin sukses dalam meraih
laba. Bahkan banyak perusahaan ini mengalami penurunan dalam kinerja usahanya
hanya karena kesalahan dalam menafsirkan skenario dan asumsi pengaruh
lingkungan luar tersebut. Memasuki era liberalisasi dan globalisasi pada abad
ke 21, para pimpinan perusahaan tidak dapat mengabaikan begitu saja perubahan-
perubahan yang terjadi di sekeliling mereka, terutama jika mereka ingin meraih
kemenangan.
Setiap
pebisnis tidak dilarang untuk mengejar atau mendapatkan keuntungan, bahkan
dalam dunia bisnis mengejar keuntungan adalah sebuah keharusan yang
diprioritaskan demi kelangsungan bisnis itu sendiri. Namun demikian, untuk
memperoleh keuntungan tersebut haruslah dilakukan dengan cara-cara yang baik
dan dalam suasana yang baik pula.
E. ETIKA BISNIS DAN CSR YANG DILAKUKAN
Etika bisnis merupakan studi yang
dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada
standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku
bisnis.
Karyawan suatu perusahaan sebaiknya
mempraktikan etika bisnis yang melibatkan sekelompok prinsip berikut ini ketika
menjalankan bisnis. Setiap perusahaan memiliki tanggung jawab sosial, yang
merupakan kesadaran perusahaan mengenai bagaimana keputusan bisnisnya dapat
memengaruhi masyarakat. Istilah tanggung jawab sosial kadang kala digunakan
untuk menjelaskan tanggung jawab perusahaan terhadap komunitas dan
lingkungannya. Tetapi istilah tersebut juga adapat digunakan secara lebih luas
untuk memasukkan tanggung jawab perusahaan terhadap pelanggan, karyawan,
pemegang saham, dan kreditornya. Meskipun keputusan bisnis yang dibuat oleh
perusahaan dimaksudkan untuk meningkatkan nilainya, tetapi keputusan tersebut
tidak boleh melanggar etika dan tanggung jawab sosialnya. (Madura, 2011)
Tanggung jawab sosial adalah suatu
filosofi manajemen yang menyoroti dampak sosial dan ekonomi dari keputusan
manajerial.
Tribun Pontianak adalah salah satu media
massa yang ada di Kalimantan Barat. Di Kalimantan Barat sendiri, persaingan
bisnis ini sangatlah ketat karena banyak media massa lainnya yang ada di
Kalimantan Barat. Dalam etika bisnis, Tribun Pontianak saling mensupport media
massa lainnya dan bersaing secara sehat. Tribun Pontianak sendiri mempunyai
produk atau jasa unggulan seperti internet tv dan situs jual beli yang mungkin
masih jarang dimiliki oleh media massa lainnya yang ada di Pontianak khususnya.
Etika bisnis yang dilakukan Tribun
Pontianak adalah dengan melakukan CSR (Corporate Social Responsibility) atau
tanggung jawab sosial masyarakat. CSR yang dilakukan antara lain:
1)
Melakukan aksi donor darah bekerjasama
dengan PMI
2)
Membantu perbaikan jalan di daerah
Kabupaten Kubu Raya
3)
Bakti sosial di panti asuhan
4)
Melakukan khitanan massal
5)
Memberikan THR kepada penjual loper
koran/pedagang asongan
F. TATA LETAK/LAYOUT TEMPAT PRODUKSI
Perencanaan lokasi merupakan salah satu
aktifitas awal yang harus dilakukan pra operasionalisasi perusahaan. Lokasi
direncanakan dengan tujuan yang sudah tidak asing terdengar, yaitu efektif dan
efisien atau dengan kata lain disebut baik. Tujuan perencanaan lokasi untuk
menentukan lokasi perusahaan sebaik mungkin agar beroperasi maupun berproduksi
dengan lancar. Penentuan lokasi yang baik akan memberikan output kemampuan
perusahaan. Kemampuan tersebut, diantaranya : perusahaan mampu melayani
konsumen dengan memuaskan, memperoleh bahan mentah yang cukup dan berkesinambungan
pada harga yang diinginkan, mendapatkan tenaga kerja berkinerja, dan dikemudian
hari mampu memperluas diri. Dengan
demikian, dapat digoreskan empat variabel penentu lokasi usaha yang baik paling
tidak mesti mempertimbangkan pasar, bahan baku, tenaga kerja, dan kesempatan
perluasan.
Dalam perkembanganya, perencanaan tata
letak pabrik adalah pengaturan dari fasilitas (gedung,tenaga kerja, bahan
baku,dan mesin – mesin) yang di gunakan secara bersamaan untuk memenuhi tujuan
yang sudah ditetapkan. Jadi, perencanaan tata letak pabrik dapat diartikan
pengaturan fasilitas – fasilitas yang ada sedemikian rupa sehingga dapat
mencapai tujuan dengan tidak mengesampingkan kendala yang ada.
Perencanaan tata letak tidak hanya
diperlukan saat membangun pabrik baru, tetapi juga saat mengembangkan
perusahaan, melakukan konsolidasi atau mengubah stuktur perusahaan. Perusahaan
yang telah mampu membutuhkan perubahan tata letak fasilitasnya setiap satu atau
dua tahun sekali.
Teknik tata letak pabrik terfokus pada
unsur – unsur pembangunan fisik di sebuah fasilitas pabrik yang bertujuan
meningkatkan efisiensi dan evektifitas. Permasalahan tata letak pabrik sangat
menarik perhatian segala pihak karena terkait dengan dampak strategi bagi
perusahaan. Permasalahan tata letak merupakan permasalahan yang sangat
kompleks, sehingga penyelesaiannya harus melalui pendekatan sistem. Dampaknya,
tata letak menjadi salah satu pelajaran khas teknik industri.
a) Bagian
Research and Development (R&D): Secara umum, divisi R&D dalam
perusahaan memiliki fungsi untuk melakukan penelitian dan mengembangkan
penelitian. Penelitian yang dilakukan menyangkut semua kebutuhan perusahaan
yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian dilakukan
untuk mengetahui produk yang dibutuhkan masyarakat, atau persepsi masyarakat
mengenai suatu produk.
b) Bagian
Personalia: Berfungsi merencanakan, mengkoordinir, mengarahkan dan
mengendalikan kegiatan kepersonaliaan yang meliputi hubungan industrial,
administrasi kepegawaian, keamanan, kehumasan dan pelayanan umum untuk
mendukung proses pencapaian tujuan perusahaan baikjangka pendek maupun jangka
panjang.
c) Bagian
Pemasaran: Memiliki tugas dan tanggung jawab mengkoordinir distribusi produk ke
daerah pemasaran, melakukan tugas penjualan dan permintaan produk, menyiapkan
rencana penjualan dan permintaan produk, merencanakan dan membuat rancangan
promosi, serta membuat rencana penjualan dan permintaan produk.
d) Bagian
Keuangan: Berfungsi merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan pemanfaatan
sumber daya keuangan dalam kegiatan entitas secara efisien dan efektif, dalam
kerjasama secara terpadu dengan fungsi-fungsi lainnya seperti riset dan
penelitian, produksi, pemasaran dan sumberdaya manusia.
e) Bagian
Produksi: Mempunyai peran dalam mengkoordinasikan berbagai kegiatan untuk
mencapai tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat keputusan-keputusan
yang berhubungan dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa
yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan demikian, manajemen
produksi menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungan dengan proses
produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.
f) Bagian
Administrasi: Melaksanakan kegiatan pelayanan kantor, penyediaan fasilitas dan
layanan administrasi perkantoran, sesuai ketentuan yang berlaku untuk mendukung
kelancaran operasional perusahaan.
g) Bagian
Logistik: Melaksanakan tugas yang berhubungan dengan penjualan jasa yang
ditawarkan, memastikan arus keluar dan masuk barang customer sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang telah ditetapkan
perusahaan. Tugasnya antara lain memberikan pengarahan kepada kepala bagian
gudang, seperti melaksanakan tata penyimpanan barang di gudang, menjaga
keamanan, kebersihan dan ketertiban gudang serta melakukan stock opname secara berkala sesuai yang telah ditetapkan.
h) Bagian
Kualitas: Berfungsi untuk menjalankan kebijakan mutu dan memeriksa kualitas
produk yang dihasilkan, agar produk yang sampai dikonsumen adalah produk yang
benar-benar berkualitas.
Berdasarkan
bagan di atas, proses kerja wartawan pada koran harian adalah sebagai berikut:
1.
Pada pagi hari, para redaktur mengadakan
rapat untuk memantau peristiwa. Redaktur kemudian memberi arahan kepada
reporter untuk meliputnya. Pada peristiwa khusus, redaktur akan membuat
penugasan tertulis.
2.
Reporter kemudian meliput peristiwa di
lapangan. Saat ini, wartawan sudah dibekali dengan alat kominikasi yang
canggih, sehingga mereka bisa langsung mengirim berita tak lama setelah
peristiwa terjadi kepada para redaktur.
3.
Pada sore, redaktur berkumpul lagi untuk
menentukan berita yang akan dimuat di setiap halaman. Redaktur bertanggungjawab
untuk menentukan berita apa yang cocok untuk halaman masing- masing.
4.
Setelah itu redaktur akan mengedit
tulisan reporter dan mengatur pemuatan di halaman masing-masing. Redaktur akan
melengkapi foto dan grafis jika diperlukan. Dengan berbagai kelengkapan tadi,
redaktur bertanggungjawab untuk menampilkan setiap halaman semenarik mungkin.
5.
Berita yang sudah diturunkan di setiap
halaman kemudian diolah lebih lanjut diolah oleh bagian layout. Setiap layouter
bekerja sama dengan redaktur tulis dan redaktur foto untuk membuat penampilan
halaman seindah mungkin.
6.
Selain diedit oleh redaktur halaman,
tulisan juga diedit oleh redaktur bahasa. Redaktur bahasa bertabggungjawab
tentang tata bahasa, pengejaan, dan memastikan penggunaan koma, titik dua,
huruf besar secara benar.
7.
Setelah halaman sudah jadi, untuk
memastikan tampilan, masing-masing halaman akan dicetak kemudian ditempel di
dinding. Redaktur akan melihat sekali lagi tampilan terakhir sebelum dikirim ke
percetakan.
8.
Selain redaktur, ada juga pengawas lain
yang memantau proses penggarapan halaman. Pemimpin redaksi, wakil pemimpin
redaksi, redaktur pelaksana juga ikut memantau. Tugas pemantauan sebenarnya ada
di redaktur pelaksana, tapi lebih banyak yang mengawasi tentu lebih baik.
9.
Tahap terakhir adalah pencetakan halaman
di kertas koran.
A. PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA
Perusahaan bertanggung jawab untuk
meyakinkan bahwa para karyawan diperlakukan layak oleh karyawan lain seperti
mengenai perlakuan terhadap karyawan adalah beraneka ragam etnis/budaya kulit
dan berhak mendapat perlindungan dan kesempatan yang sama. (Madura, 2001)
Dalam pengelolaan sumber daya manusia di
perusahaan Tribun Pontianak sudah baik. Jumlah tenaga kerja yang ada di
perusahaan tersebut berjumlah 150 orang dengan beragam kualifikasi.
Kualifikasinya meliputi:
a)
Tingkat Pendidikan
Tingkat
pendidikan para pekerja di Tribun Pontianak paling rendah adalah SMK dan yang
paling tinggi adalah Strata 2 (S2). Penempatan posisi tenaga kerja di
perusahaannya berdasarkan tinggi rendahnya tingkat pendidikan yang dimiliki.
b)
Umur
Tingkat
umur para pekerja di perusahaan Tribun Pontianak sangat beragam. Tenaga kerja
termuda berumur 18 tahun dan yang paling tua berumur sekitar 50 tahun.
c)
Jenis Kelamin
Tenaga
kerja di Tribun Pontianak didominasi oleh tenaga kerja laki-laki yang berjumlah
sekitar 100 orang lebih dan sisanya adalah tenaga kerja perempuan.
d)
Masa Kerja
Para
pekerja yang baru bekerja di Tribun Pontianak sekitar 1 bulan bekerja dan
tenaga kerja terlama sekitar 6 tahun.
e)
Status Perkawinan
Sekitar
60% tenaga kerja di Tribun Pontianak sudah menikah dan sisanya 40% belum
menikah.
B. ASPEK PEMASARAN
a)
Pasar Sasaran
Pasar
sasaran adalah semua masyarakat penikmat berita dan informasi yang ada di
Kalimantan Barat dan semua usaha yang dilakukan pribadi maupun perusahaan dalam
bidang advertising.
b)
Aspek Produk
Supaya
dapat berhasil, suatu perusahaan harus mempunyai suatu keunggulan kompetitif
atau sifat unik yang dapat membuat produknya lebih diminati daripada produk
pesaingnya. (Madura, 2001)
Produk
yang ditawarkan adalah koran Tribun Pontianak, koran Superball, ada juga akses
berita online yaitu Tribunnews.com, internet tv, situs jual beli online dan jasa
advertising/iklan.
c)
Aspek Harga
Dalam aspek
harga, perusahaan mematok harga yang tidak jauh beda dengan perusahaan lain
agar produknya bisa bersaing dengan para kompetitornya khusus dalam bidang
media massa lainnya. Untuk koran Tribun Pontianak dijual dengan harga berkisar
Rp. 2000, koran Superball dijual seharga Rp. 1000, sedangkan untuk biaya iklan
tergantung dan disesuaikan dengan banyak huruf dan jenis iklan yang ditawarkan.
d)
Aspek Promosi
Promosi merunjuk
pada berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan
kebaikan produknya dan membujuk para pelanggan dan konsumen sasaran untuk
membeli produk tersebut. Promosi yang dilakukan Tribun Pontianak adalah dengan
cara mengadakan jalan sehat dan melakukan funbike/sepeda
santai dengan para masyarakat sehingga terciptanya komunikasi antara perusahaan
dengan para konsumennya.
e)
Aspek Distribusi
Untuk masalah
distribusi ke wilayah, koran Tribun Pontianak dan koran Superball tersebar dan
tersedia di outlet-outlet diseluruh kabupaten dan kota yang ada di Kalimantan
Barat. Pendistribusian ke wilayah Kota Pontianak, Kota Singkawang, Kab. Kubu
Raya, Kab. Mempawah, Kab. Landak, Kab. Sambas, Kab. Bengkayang, Kab. Kayong
Utara, Kab. Sintang, Kab. Melawi, Kab. Sanggau, dan Kab. Sekadau menggunakan
transportasi darat, sedangkan pendistribusian ke wilayah Kab. Kapuas Hulu dan
Kab. Ketapang menggunakan transportasi udara berhubung lokasi yang sangat jauh.
DAFTAR PUSTAKA
Madura,
Jeff. 2011. Introduction to Business : Pengantar
Bisnis Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat
Sukirno, Sadono.
dkk. 2006. Pengantar Bisnis. Jakarta:
Prenada Media Grup
Gitosudarmo,
Indriyo. 1992. Pengantar Bisnis.
Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Griffin, Ricky
W. and Ronald J. Ebert. 2006. Bisnis.
Jakarta: Erlangga
Swastha, Basu. 1999.
Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty
JUAL DATABASE 2015 TER-UPDATE
BalasHapusJUAL DATABASE PENGUSAHA MULTI NASIONAL INDONESIA & NASABAH PRIORITAS PERBANKAN UNTUK SALES & MARKETING ANDA TAHUN 2015!
Cara & Strategy Jitu Promosi Usaha Anda : MILIKI DATABASE PERIODE 2015 KHUSUS PENGUSAHA MULTI NASIONAL INDONESIA & NASABAH PRIORITAS PERBANKAN UNTUK SALES & MARKETING ANDA !
ADA BANYAK PILIHAN PAKET DATABASE
SESUAI ISI BUDGET MARKETING PERUSAHAAN ANDA
DATA KOMPLIT ( PAKET 1 ) Versi 2015
HANYA Rp 188.000,- NETT
Database yang akan didapatkan kepada Anda adalah Data Berupa Perusahaan Corporate , BUMN , SWASTA , PMA , PMDN , CV , PT , PO ,FIRMA
DATA KOMPLIT ( PAKET 2 ) Versi 2015
HANYA Rp 388.000,- NETT
Database ini lengkap dengan nama pemilik, no hp pribadi, no telepon rumah, alamat, dll. Sangat cocok bagi anda yang bergerak di bidang usaha apa pun. Baik anda sebagai owner, investor, tenaga pemasar, analis, konsultan, dll.
Anda dapat memasarkan produk bisnis anda menggunakan database yang berharga ini.
Dengan jumlah ratusan ribu data orang berduit ini anda “tidak akan pernah” kehabisan bahan untuk mengirimkan penawaran bisnis dan memasarkan produk atau usaha anda.
Sebagai asumsi, Jika minimal dalam satu hari anda mengirimkan penawaran bisnis atau melakukan follow up bisnis ke minimal 50 orang saja, simulasinya seperti ini:
Database ini berjumlah lebih dari ± 300.000 data.
± 300.000 / 50 = 6.000
BONUS ISTIMEWA JIKA ANDA BELI PAKET BORONG 2015 ( YAITU PAKET 1 & PAKET 2 )
HANYA Rp 500.000,- NETT
FREE DVD ROOM ONGKOS KIRIM
Anda juga dapat membeli produk kami secara satuan sesuai kebutuhan anda
SALAM SUKSES & ADMIN SOLUSI BISNIS
ROBI
TRUST OF MARKETING
ONLINE DATABASE TRENDSETTER
ADMIN 1 : (62) (0) 819 1653 9805 ( WHATSAPP )
ADMIN 2 : (62) (0) 896 9040 7771
Email :
databasemanagementindonesia@gmail.com
ahli.database02@gmail.com
WEBSITE OFFICIAL :
http://databasekonsumenprospektifindonesia.blogspot.com/
http://databasebankindonesia.blogspot.com/
http://birojualbeli.blogspot.com/2015/05/periode-2015-database-pengusaha-multi.html
http://jualdatabaseterupdate.blogspot.com/
Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami di saat kesusahan dengan menanggun 9 anak,kami berprofesi penjual ikan di pasar hutang saya menunpuk di mana-mana sempat terpikir untuk jadikan anak bekerja tki karna keadaan begitu mendesak tapi salah satu anak saya melihat adanya program pesugihan dana gaib tanpa tumbal kami lansung kuatkan niat,Awalnya suami saya meragukan program ini dan melarang untuk mencobanya tapi dari yg saya lihat program ini bergransi hukum,Saya pun tetap menjelaskan suami sampai dia ikut yakin dan alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan bantuan aki melalui dana gaib tanpa tumbal,Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan
Hapussilahkan hubungi
Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
supaya lebih jelas
Klik-> PESUGIHAN DANA GAIB
ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya
KISAH NYATA..............
BalasHapusAss.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.
KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!
((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))
Pesugihan Instant 10 MILYAR
Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :
Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
dll
Syarat :
Usia Minimal 21 Tahun
Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda
Proses :
Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
Harus siap mental lahir dan batin
Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
Pada malam hari tidak boleh tidur
Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :
Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
Ayam cemani : 2jt
Minyak Songolangit : 2jt
bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt
Prosedur Daftar Ritual ini :
Kirim Foto anda
Kirim Data sesuai KTP
Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR
Kirim ke nomor ini : 085320279333
SMS Anda akan Kami balas secepatnya
Maaf Program ini TERBATAS .
Makasih gan infonya..
BalasHapusShare sedikit ya http://zincoxideindonesia.blogspot.com/2018/01/zinc-oxideis-in-your-paint-paints-are.html
Terima kasih gan informasinya, sangat membantu dalam menyelesaikan tugas akhir saya. Mantaf
BalasHapus