MUAMALAT LOVE COFFEE
A. Deskripsi Bisnis
Saat ini menikmati kopi tidak hanya
merupakan sekedar kebutuhan tetapi sudah menjurus ke arah gaya hidup yang
banyak dijalani oleh para kaum muda maupun kalangan eksekutif. Trend ini
kemudian ditangkap sebagai peluang bisnis bagi para pelaku bisnis cafe yang
kemudian berlomba-lomba menyajikan sajian kopi yang mewah dan modern yang
seolah tidak mau kalah dengan gerai kopi internasional yang semakin melebarkan
sayap bisnisnya ke beberapa kota besar di indonesia.
80% pasar kopi di indonesia dikuasai
oleh jenis kopi robusta walaupun sebagian besar pasar kopi dunia malah dikuasai
oleh jenis kopi arabika. Yang paling banyak disukai para pencinta kopi saat ini
adalah sajian kopi ala cafe seperti cappucino, vanilla choco coffe, cream coffe
smoothy, dll. Walaupun kita juga masih menemukan sajian murni kopi ala warung
kopi jaman dulu.
Muamalat love cafe adalah konsep
tempat untuk menikmati kopi sambil nongkrong para mahasiswa. Muamalat love cafe
memanjakan lidah para pecinta coffe dengan rasa yang menggugah selera.
Muamalat love cafe di buka di
lingkungan kampus IAIN antasari. Peluang membuka cafe dikawasan ini
adalah sangat terbuka karena selain mudah dijangkau buat mahasiswa juga
memberikan tempat untuk santai nongkrong.
Elemen-elemen utama yang ditawarkan adalah :
·
Kopi yang berkualitas tinggi, dengan resep dan biji
kopi pilihan.
·
Layanan konsumen yang prima.
·
Lokasi cafe yang nyaman
Produk yang ditawarkan:
·
Original coffe
·
Moccacino coffe art
·
Capucino coffe art
·
Coffe love
·
Beatifull coffee
Penjualan:
·
Asumsi penjualan tahap awal adalah rata-rata 500 cup
coffe/3 bulan pertama
·
Buka Senin sampai Jum’at ( Pagi - Sore)
B. Lingkungan Bisnis yang Dihadapi
Pilihan lokasi dan wilayah cafe
adalah dengan kriteria pasar dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi, mudah
dijangkau dan terlibat dari jarak yang cukup jauh. Pilihannya adalah dikawasan kampus
IAIN Antasari sebagi pusat berkumpulnya anak muda di Banjarmasin sendiri. Dan
dalam waktu jangka panjang akan menambah lokasi dan membuka cabang di wilayah
Banjarmasin lainnya.
Walaupun pada saat sekarang banyak
orang yang membuka cafe, itu bahkan tidak berpengaruh sama sekali, karena
tempat yang kita pilih sangat menjanjikan untuk berbisnis, karena daerah
tersebut sangat strategis dan dekat dari keramaian, otomatis mahasiswa maupun
masyarakat terpojok untuk bebelanja di cafe kita. Selain jauh dari segi waktu
dan jarak tempuh, harga yang kita cocokkan masih bisa bersaing dengan harga
pasar, dan kami pastikan kualitas pelayanan yang terbaik untuk kepuasan
pelanggan.
C. Aspek Produksi
A.
Product (produk)
Produk yang direncanakan untuk diproduksi adalah kopi.
Produk yang dihasilkan memiliki manfaat dan kualitas yang tinggi. Sudah
diketahui bahwa produk yang terbuat dari kopi ini memiliki kandungan gizi yang
bermanfaat untuk proses metabolisme tubuh.
B.
Place (lokasi/distribusi)
Usaha ini
berlokasi di kampus IAIN Antasari, Banjarmasin. Adapun sasaran pasar produk kopi
kami ini adalah mahasiswa di kampus IAIN Antasari, Banjarmasin dan masyarakat
sekitar kampus IAIN Antasari dan masyarakat Banjarmasin sendiri. Tempat
penjualannya di kampus, bisa dititip di etalase Fakultas Ekonomi atau di Kopma,
di toko atau warung-warung di sekitar kampus IAIN Antasari.
C.
Price (harga)
Penentuan
harga jual dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya
lain-lain dan tren yang berlaku. Jika produk yang menjadi idola (tren) harganya
pun bisa dinaikan dari standar harga normal (misal pada saat cuaca panas atau
ketika bulan puasa besar kemungkinan produk ini akan dibanjiri konsumen).
D.
Promotion (promosi)
Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan produk ini
kepada konsumen. Promosi akan dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet di
pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu juga akan
memanfaatkan buletin yang terbit di kampus dan media internet sebagai sarana e-business.
Untuk promosi melalui internet akan dipromosikan lewat facebook dan situs-situs
e-business lainnya seperti: berniaga.com dll.
E. Aspek Sumber Daya Manusia
Proyek
pembangunan “Muamalat love cafe” ini membutuhkan beberapa tenaga kerja yang
akan menjalankan usaha ini. Tenaga kerja pada tahap pertama ini membutuhkan 4
orang karyawan. Antara lain:
a.
Manager/ Pimpinan
·
Bertanggung jawab memantau dan memastikan mulai dari
proses pembelian bahan baku produksi sampai dengan penjualan berjalan dengan
baik dan sesuai dengan rencana.
·
Mengawasi kinerja karyawan.
·
Honor yang diterima manager Rp. 400.000 dan akan
mengalami kenaikan sesuai dengan pencapaian target, besarnya kenaikan
akan diperhitungkan kemudian.
b.
Koki
·
Bertanggung jawab pembelian bahan baku dan proses
produksi.
·
Jumlah koki sebanyak 1 orang.
·
Untuk bulan-bulan pertama honor koki perbulan
direncanakan sebesar Rp 300.000 dan akan mengalami kenaikan apabila target
rata-rata konsumen meningkat.
c.
Kasir
·
Bertugas menerima pembayaranpembeli serta mengontrol
uang keluar dari kas “Muamalat Love Cafe”
·
Membuat laporan keuangan untuk diserahkan kepada
pemimpin
d.
Pramusaji
·
Bertugas menjaga cafe dan melayani konsumen
·
Bertanggung jawab atas keberhasilan cafe
·
Honor yang akan diberikan sebesar Rp 250.000.
F. Aspek Pemasaran
Produk yang
dipasarkan : Coffe capucino
dan snack
Sasaran
Konsumen : Mahasiswa
IAIN antasari
Wilayah
Pemasaran : Kampus
IAIN Antasari
Rencana Penjualan : 2012-2013
Dalam pemasaran perlu diperhatikan apa yang disebut dengan marketing mix
yang terdiri dari :
a.
Product
Kualitas coffe akan sangat diutamakan baik itu kebersihan maupun rasanya.
b.
Price
Harga yang ditawarkan mampu bersaing dengan kompetitor.
c.
Place
Tempat yang strategis karena berada dalam kawasan kampus mahasiswa.
d.
Promotion
Banyak macam promosi yang akan dilakukan untuk menarik pengunjung.
Dalam proses pemasaran tujuannya adalah untuk menarik konsumen sebanyak banyaknya,
selain juga untuk dapat bersaing dengan kompetitor, maka diperlukan strategi
atau siasat untuk memenangkan kompetisi, seperti berikut ini :
a.
Menyebarkan brosur kepada mahasiswa ataupun mahasiswi
kampus IAIN Antasari.
b.
Memberikan voucher coffe gratis setiap 15 hari,
tujuannya agar mereka mengenal produk kita dan dapat mempromosikannya mulut ke
mulut.
c.
Promosi juga bisa bisa dilakukan dengan mengundang
teman beramai-ramai untuk menikmati produk kita. Hal ini bertujuan selain
promosi dari mulut-kemulut juga agar pada masa-masa awal ini cafe terlihat
ramai sehingga mengundang rasa keingintahuan calon konsumen potensial lain
untuk mencoba menikmati produk di cafe ini.
d.
Kami memberikan interior love pada cafe kami supaya
lebih memberikan nuansa romantis.
e.
Kami juga akan melakukan program Nobar (Nonton
bersama) apabila ada pertandingan sepakbola antara klub-klub besar.
f.
Selain memberikan suasana cafe yang nyaman dengan
harga produk yang terjangkau kami juga menyediakan musik-musik akustik yang
sengaja kami lakukan untuk menghibur pelanggan.
G. Aspek Keuangan
v Analisa
Profitabilitas
Perhitungan
prediksi pencapaian laba dihitung dengan prinsip kehati-hatian dimana profit
dihitung seminimal mungkin dan biaya dihitung semaksimal mungkin. Berdasarkan
perhitungan yang telah dilakukan profit yang dihasilkan sangat menjanjikan, dan
bisa saja bertambah karena dalam perhitungan tersebut biaya dimasukkan secara
maksimal, sehingga proyek ini dapat diterima.
v Analisa
Payback Period
Berdasarkan
perhitungan Payback Period, maka Payback Period diproyeksikan setelah proyek
berjalan selama < 1 tahun. Dengan waktu pengembalian yang tidak lebih dari
setahun maka proyek ini dinilai dapat diterima untuk dilaksanakan.
A.
ASET TETAP TOKO UNTUK USAHA CAFE
No
|
Asset
|
Unit
|
Nilai buku
|
1
|
Rak snack
|
2
|
Rp. 800.000
|
2
|
Lemari es
|
1
|
Rp1.000.000
|
3
|
Kotak pendingin
|
1
|
Rp. 350.000
|
Total
|
Rp 2.150.000
|
B.
MODAL INVESTASI
Harta Tetap
|
||||
No
|
Barang
|
Harga
|
||
1
|
Mixer
|
Rp 200.000,00
|
||
2
|
16 Kursi @ Rp 25.000,
|
Rp 400.000,00
|
||
3
|
4 Meja @ Rp 100.000,-
|
Rp 400.000,00
|
||
4
|
VCD
|
Rp 300.000,00
|
||
5
|
Blender
|
Rp 300.000,00
|
||
6
|
Speaker
|
Rp 150.000,00
|
||
Total Harta Tetap
|
Rp 1.750.000,00
|
|||
Peralatan
|
||
2 Lusin Cangkir @ Rp 30.000,-
|
Rp 60.000,00
|
|
Total Peralatan
|
Rp 60.000,00
|
C.
MODAL KERJA
Biaya Bahan
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah / Minggu
|
Jumlah / Bulan
|
1
|
Kopi instan
|
Rp 15.000,00
|
Rp 60.000,00
|
2
|
Coklat bubuk
|
Rp 50.000,00
|
Rp 200.000,00
|
3
|
Susu skim bubuk
|
Rp 50.000,00
|
Rp 200.000,00
|
4
|
Creamer
|
Rp 40.000,00
|
Rp 160.000,00
|
5
|
Gula pasir
|
Rp 40.000,00
|
Rp 160.000,00
|
6
|
Ice cream coklat
|
Rp 75.000,00
|
Rp 300.000,00
|
7
|
Snack
|
Rp 50.000,00
|
Rp 200.000,00
|
Total Biaya Bahan
|
Rp 320.000,00
|
Rp 1.280.000,00
|
Gaji/Upah
No
|
Pengelola
|
Gaji/Bulan
|
||
1
|
Pimpinan
|
Rp 400.000,00
|
||
2
|
Koki
|
Rp 300.000,00
|
||
3
|
Kasir & bendahara
|
Rp 300.000,00
|
||
4
|
Pramusaji
|
Rp 250.000,00
|
||
Total Gaji
|
Rp 1.250.000,00
|
|||
Biaya Umum
|
|
|||
1
|
Sewa gedung
|
Rp 300.000,00
|
||
2
|
Air & Listrik
|
Rp 100.000,00
|
||
3
|
Promosi
|
Rp 100.000,00
|
||
4
|
Biaya Renovasi
|
Rp 200.000,00
|
||
5
|
Biaya Tak Terduga
|
Rp 100.000,00
|
||
Total Biaya Umum
Total Biaya Operasional /bulan
|
Rp 800.000,00
Rp 3.330.000,00
|
|||
D.
ASUMSI
Pendapatan
No
|
Jenis Minuman/Snack
|
Harga
pergelas
/perbungkus
|
Penjualan
|
|
/Hari
|
/ bulan
|
|||
1
|
Original
coffe
|
Rp 1000
|
10 gelas x
1000 = Rp 10.000
|
Rp
200.000
|
2
|
Moccacino
coffe art
|
Rp 2000
|
10 gelas x
2000 = Rp 20.000
|
Rp
400.000
|
3
|
Capucino
coffe art
|
Rp 2000
|
10 gelas x
2000 = Rp 20.000
|
Rp
400.000
|
4
|
Coffe love
|
Rp 3000
|
20 gelas x
3000 = Rp 60.000
|
Rp
1.200.000
|
5
|
Beatifull
coffee
|
Rp 3000
|
20 gelas x
3000 = Rp 45.000
|
Rp
1.200.000
|
6
|
Snack
|
Rp 1000
|
20
bks x 1000 = Rp 20.000
|
Rp
400.000
|
Total Pendapatan
|
Rp 180.000
|
Rp 3.800.000
|
Keuntungan
No
|
KAS
|
|
1
|
Pendapatan/bulan
|
Rp
3.800.000,00
|
2
|
Pengeluaran
operasional/bulan
|
Rp
3.330.000,00 -
|
Keuntungan
Perbulan
|
Rp
470.000,00
|
Keuntungan yang didapat di tahap awal ( 3 bulan pertama) yaitu sebesar 470.000
X 3 = Rp 1.410.000.
Mau pasang iklan?
BalasHapus