Minggu, 19 Januari 2014

Program CSR PT Bukit Asam (Persero) Tbk



Program CSR PT Bukit Asam (Persero) Tbk
Perseroan telah melaksanakan kegiatan dibidang sosial, ekonomi dan lingkungan agar hasil kegiatan operasional dari sisi kinerja ekonomi, sosial dan lingkungan seimbang. Hal tersebut juga sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan terhadap masyarakat sekitar perusahaan agar meningkatkan taraf hidup masyarakat maupun pelestarian lingkungan. 
Tujuan Program Kemitraan PTBA adalah peningkatan kemampuan usaha kecil dan koperasi di sekitar wilayah operasi Perseroan agar tangguh dan mandiri dengan pemanfaatan dana dari sebagian laba perseroan. Kegiatan Bina Lingkungan sendiri bertujuan untuk pemberdayaan program sosial kemasyarakatan.
Perseroan bertekad meningkatkan kuantitas dan kualitas pelaksanaan Program Kemitraan maupun Bina Lingkungan. Untuk Program Kemitraan, Perseroan menargetkan peningkatan kemandirian mitra binaan dan membantu perluasan penjualan produk mitra binaan di wilayah operasional Perseroan. Kerja sama penyaluran dana PK maupun BL dengan beberapa pihak yang kompeten dilakukan untuk peningkatan kualitas mitra binaan.
Pada tahun 2011 Perseroan semakin aktif mengajak dan melibatkan peran-serta masyarakat secara langsung dalam proses perencanaan, pelaksanaan maupun monitoring program pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat di lingkar tambang, sehingga pembangunannya tepat sasaran dan sesuai kebutuhan masyarakat. Perseroan juga menjadikan pelaksanaan kegiatan Bina Lingkungan bidang pendidikan menjadi prioritas. Melalui program PKBL dan Bina Wilayah, Perseroan meyakini tumbuhnya kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat sekitar menjadi lebih berdaya dan lebih mandiri.
Perseroan terus meningkatkan kemandirian mitra binaan sekaligus membantu memperluas penjualan produk mitra binaan. Penyaluran Dana Kemitraan dilakukan secara selektif dengan mempertimbangkan kondisi yang dimiliki oleh calon mitra binaan.
Program Bina Lingkungan PTBA dielaborasi dalam enam fokus kegiatan, yaitu Program Pendidikan, Program Pengembangan Prasarana dan Sarana Umum, Program Perbaikan Sarana Ibadah, Program Peningkatan Kesehatan, Program Pelestarian Alam dan Program Bantuan Bencana. Tujuan dari program tersebut adalah untuk peningkatan standar hidup dan kesejahteraan masyarakat.
Program Bina Wilayah bertujuan untuk memberdayakan potensi ekonomi masyarakat sekaligus mewujudkan komitmen Perseroan untuk bersama-sama menciptakan kualitas hidup yang lebih baik bagi masyarakat. Program ini merupakan pemberian bantuan berupa bantuan fisik maupun non-fisik dengan jangkauan wilayang yang lebih luas.
Beberapa kegiatan penelitian dan pengembangan bidang lingkungan yang dilaksanakan pada tahun 2011 adalah Perseroan mengembangkan mikoriza Arbuskula dalam kegiatan pembibitan tanaman dan telah melakukan produksi massal, Perseroan mengembangkan teknik Kultur Jaringan, pemanfaatan Oli bekas untuk peledakan, melakukan revegetasi dengan tanaman sawit, ujicoba revegetasi secara lansung, serta melakukan konservasi tanaman lokal.
Perseroan melaksanakan program pembangunan Taman Hutan Raya / Tahura Enim dengan membagi area pasca tambang menjadi 3 blok dan 12 zona, yaitu :
1. Blok Perlindungan (766,40 Ha)
2. Blok Koleksi Tanaman (2.973,14 Ha)
3. Blok Pemanfaatan (1.655,03 Ha)

Tahun 2011, program reklamasi lahan pasca tambang sebagai Tahura Enim yang telah dilaksanakan adalah :
1.    Pembuatan laboratorium Kultur Jaringan, 
2.    Proses pelaksanaan relokasi penduduk dan TPU, 
3.    Menyelesaikan pembangunan Gedung olah raga, sarana olah raga Bowling, jogging   track dan Futsal, 
4.    Melanjutkan rencana pembuatan kantor terpadu untuk Satker K3 dan BWE System, 
5.    Melakukan kerjasama penelitian lapangan lokal dengan Universitas Bengkulu, 
6.    Melakukan kerjasama penelitian jenis-jenis tanaman jarak dengan Universitas Sriwijaya   di IUP Banko Barat, 
7.    Melakukan pengkayaan tanaman dengan jenis tanaman lokal yang bernilai ekonomis  tinggi dan 
8.    Melakukan review master plan TAHURA ENIM.

Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan PT Bukit Asam antara lain:
1.    Pengobatan Gratis PTBA 20 September 2013
Sebagai wujud kepedulian Perusahaan terhadap lingkungan sekitar , PT. BUKIT ASAM (PERSERO)Tbk  dalam program CSR telah mengadakan Kegiatan Pengobatan gratis  dan Pemberian Makanan  Tambahan(PMT) Balita /Bumil untuk masyarakat Desa Tegal Rejo Kecamatan Lawang Kidul.

2.    Pelatihan Diversifikasi Olahan Tahu dan Limbahnya 27 Juni 2013
Pada tanggal 15 s/d 17 Mei 2013 lalu, Satuan Kerja CSR PTBA dan bekerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan Diversifikasi Olahan Tahu dan Limbahnya. Pelatihan yang dilaksanakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) PTBA ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang pengolahan tahu dan limbah yang dihasilkan dari industri tahu. Tak banyak yang mengetahui bahwa limbah tahu dapat diolah menjadi berbagai penganan menarik dan bergizi, seperti: nuget tahu, tahu stick, rollade tahu, tepung ampas tahu, kerupuk ampas tahu, kecap ampas tahu, dan nata de soya. Pelatihan yang diberikan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Lawang Kidul ini bertujuan untuk memahami nilai tambah dari tahu beserta limbahnya, dalam bentuk makanan lain yang bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian. Selain itu, kegiatan CSR PTBA kali ini juga ditujukan untuk membantu menciptakan lapangan kerja baru dalam rangka pemberdayaan masyarakat sekitar.

3.    Program Eye Clinic Goes to School di Muara Enim
Pada hari Kamis, 11 April 2013 lalu, Direktur Umum & SDM PT Bukit Asam (Persero) Tbk, Bp. Maizal Gazali menyematkan bantuan kacamata gratis kepada Kevin Dwi Septian, siswa kelas V SD Negeri 6 Tanjung Enim pada Launching Eye Clinic Goes To School di Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim. Dalam program CSR kali ini, PTBA mengulurkan bantuan berupa 5.000 kacamata gratis kepada siswa-siswi kurang mampu di seluruh kecamatan Lawang Kidul.

4.    Peresmian Jalan CSR PTBA di Sawahlunto
Pembangunan fasilitas umum ini meliputi pembangunan jalan beton sepanjang 280 meter lebar 4 meter, pembangunan riol 150 meter, serta pengedaman yang seluruh pembiayaan bersumber dari dana CSR PT Bukit Asam (persero) Tbk. “Pembangunan ini amat bermanfaat bagi warga di lima kelurahan, dua kecamatan di kota Sawahlunto, sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai jalan pintas yang aman “ kata Ketua BKM Hidayah mewakili masyarakat.  





No.
Jenis CSR
Program yang dilakukan
1.
PRAKTIK BISNIS YANG MEMILIKI TANGGUNG JAWAB SOSIAL (SOCIALLY RESPONSIBLE BUSINESS PRACTICE)
·   Peresmian Jalan CSR PTBA di Sawahlunto
2.
KEGIATAN FILATROPI PERUSAHAAN (CORPORATE PHILANTHROPY)
·   Kegiatan Pengobatan gratis  dan Pemberian Makanan  Tambahan(PMT) Balita /Bumil untuk masyarakat Desa Tegal Rejo Kecamatan Lawang Kidul
·   Program Eye Clinic Goes to School di Muara Enim
3.
PRAKTIK BISNIS YANG MEMILIKI TANGGUNG JAWAB SOSIAL (SOCIALLY RESPONSIBLE BUSINESS PRACTICE)
·   Pelatihan Diversifikasi Olahan Tahu dan Limbahnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar